Sepatah Kata

SEPATAH KATA SEMANIS KURMA...

Seperti halnya kereta dengan gerbong-gerbongnya yang panjang, kehidupanku pun demikian. Diantara gerbong-gerbong hidupku mungkin ada kamu--my beloved family, my dearest friend yang membuat kereta kehidupan-ku menjadi penuh arti dan sesak dengan canda dan tawa. Untuk Cintaku, aku akan selalu menemanimu dan terus mendukungmu sampai kapanpun, sampai bila-bila, dan untuk keluargaku nun jauh di Indonesia (Jakarta dan di Lampung) one day we will meet again I promise, dan untuk sahabat-sahabatku tetaplah jadi temanku yang selalu menemaniku anytime anywhere.

Kereta kehidupan akan bertutur tentang diriku, dan kehidupanku disini, di negara yang masih baru bagiku Malaysia, di sebuah negeri yang terkenal dengan pantai timurnya, dengan hutan tropikalnya yang cantik, serta laut-lautnya yang tetap dibina semula jadi (natural), yah negeri Pahang Darul Makmur dengan bandar (ibukota) Kuantan, bersama suami dan anak-anakku tercinta.

Dan untuk teman-teman dunia mayaku yang baru aku kenal, salam kenal ya... mudah-mudahan kita bisa menjadi teman juga ya... *_^


Daisypath Anniversary tickers

Senin, 04 Oktober 2010

Menu 6 Bulan Adul

Adul panggilan kesayanganku untuk Abdullah, buah hati kami yang ketiga kini telah memasuki usia 6 bulan. Aku mulai dijangkiti dengan hobi baru, apatah lagi kalau buka memasak untuk buah hati yang sedang lucu-lucunya itu. Hmmm, berbagai menu hasil kreasiku sendiri membuatku jadi begitu semangat... (sebenernya ngga original buatanku sih cuma pemasakannya byk terinspirasi dari buku-buku masakan jepang for baby yang ngga menggunakan garam atau gula). Apalagi kalau dia menyukainya. Sedikit mengingat-ingat lagi menu kesukaan anak-anakku sebelumnya Nanami dan Ichiro. Yang membedakan menu Adul dari kakak2nya yang dua itu adalah menu Adul banyak menggunakan  daging. Sementara kakak2nya dulu lebih banyak ikan.

Bubur Ayam Apel (proses: dimasak-diblended-disaring)
Tip ayam: Kalau beli ayam cincang masukkan seperlunya (1 sdm) ke dalam plastik2 kecil, ikat kuat2 dan  kemudian disimpan dalam freezer. Jadi kalau mau masak tinggal ambil satu plastik kecil saja. So, ayam cincangnya jadi tidak rusak.
Tip sayur: pilih satu atau dua jenis sayuran saja dulu sebagai perkenalan. Jangan terlalu banyak nanti baby tidak suka. Pilih sayuran yang memberikan rasa manis alami, semisal wortel, tomat, cabbage, labu kuning, dsb. Karena pada permulaan baby biasanya menyukai rasa manis.
Tip Buah: pilih jenis buah yang manis spt buah apel dan buah pir, cocok utk dicampurkan ke makanan. Pisang pun boleh kalau memang suka.
Tip Bawang bombay: khasiatnya memberi ketahanan tubuh pada baby, dan memberikan rasa manis dan gurih pada masakan.
Tip Rasa: kalau mau ditambah garam sedikit saja, atau pilih salted butter.
Tip Pilih Butter: yang 100% natural, no representative, no colouring, dan tanpa pengawet.

Bahan: beras 2-3 sdm (boleh utk 2-3 kali makan tuh), air mineral secukupnya, ayam cincang (kalau ada tambah ceker kaki ayam sekalian utk dapatkan sumsum tulangnya), bawang bombay 1/2 bwg bombai yg kecil, wortel 1/3 dari wortel, apel 1/2 apel kecil dan butter.

Cara Membuat: Dimasak beras terlebih dahulu, kemudian masukkan ayam dan bawang bombay sekaligus, aduk-aduk hingga masak, setelah agak lembek, selanjutnya masukkan wortel dan butter, biarkan bubur sampai wangi  dan terakhir masukkan apel.
Masukkan kedalam wadah, biarkan dia sejuk. Nanti kalau si adek mau makan baru diblended sebagian dan disaring. Kalau buburnya sudah lembut tak payah lagi di blender, lsg disaring saja. Sisanya masukkan ke dalam kulkas, dan stim sebentar jika hendak dikeluarkan (biar hangat).

Hasil: Hmmm sedaappp.... rasanya manis dan gurih, dan Adul makan dengan lahapnya.

---
Cepat besar ya sayang....
---

Mama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar