Sepatah Kata

SEPATAH KATA SEMANIS KURMA...

Seperti halnya kereta dengan gerbong-gerbongnya yang panjang, kehidupanku pun demikian. Diantara gerbong-gerbong hidupku mungkin ada kamu--my beloved family, my dearest friend yang membuat kereta kehidupan-ku menjadi penuh arti dan sesak dengan canda dan tawa. Untuk Cintaku, aku akan selalu menemanimu dan terus mendukungmu sampai kapanpun, sampai bila-bila, dan untuk keluargaku nun jauh di Indonesia (Jakarta dan di Lampung) one day we will meet again I promise, dan untuk sahabat-sahabatku tetaplah jadi temanku yang selalu menemaniku anytime anywhere.

Kereta kehidupan akan bertutur tentang diriku, dan kehidupanku disini, di negara yang masih baru bagiku Malaysia, di sebuah negeri yang terkenal dengan pantai timurnya, dengan hutan tropikalnya yang cantik, serta laut-lautnya yang tetap dibina semula jadi (natural), yah negeri Pahang Darul Makmur dengan bandar (ibukota) Kuantan, bersama suami dan anak-anakku tercinta.

Dan untuk teman-teman dunia mayaku yang baru aku kenal, salam kenal ya... mudah-mudahan kita bisa menjadi teman juga ya... *_^


Daisypath Anniversary tickers

Selasa, 05 April 2011

Keep up your good work, honey...

Sejak kumasukkan dirinya ke kursus bahasa inggris yang terletak di bandar itu, dia semakin pandai saja berbahasa inggris, seperti: perbendaharaan katanya sudah semakin banyak, peletakan partikel a, the, an, dan grammar semakin baik dari hari ke hari. Terkadang kami takjub dengan kebolehannya meletakkan partikel dalam kalimat. Ohhh, dia sekarang sudah bisa membuat short story dengan cukup baik. Her teacher said to us that she is very smart. I am very happy to hear that compliment.

Bahasa buat saya adalah perbendaharaan kata dan praktik. Karena jika tidak punya cukup banyak perbendaharaan kata maka akan sulit buat kita untuk berbahasa dengan baik. Itulah yang selalu saya tekankan padanya. Perbanyak perbendaharaan kata hanya dapat diperoleh jika kita rajin membaca. Itu juga yang selalu saya ajarkan padanya. Alhamdulillah saya tidak mengalami kesulitan mengajaknya untuk mencintai buku karena mungkin sejak kecil lagi kami sememangnya sudah melatihnya untuk menyukai buku.

This is the first short story she made in course two weeks ago: Title: Pet.
I have a pet. Her name is Lulu. She likes to eat Special chicken food. She likes to play with me. My pet is very cute. She is a special pet. She can jump and walk.

Buat kami, kalimat itu luarbiasa dan begitu berkesan. Dia sudah cukup baik mengekspresikan apa yang difikirkannya ke dalam ayat. Setuju kan? ^ ^ saya teringat mungkin saya boleh membuat ayat itu ketika berusia 12 tahun. Hahaha memalukan !!! :( begitu cepat kemajuan anak-anak sekarang ini, asalkan mereka mendapat rangsangan yang tepat pada masa yang tepat.

Oh ya, semalam selagi saya memeriksakan kerja sekolahnya, saya dapati suatu soalan matematik yang perintahnya berbunyi kurang lebih:

Make up sentence from the number sentence above.
125 - 50 = 70
--
Then, she wrote the answer on the paper like this:
I have 125 ball. I give 50 balls to my brother. Now there are 70 balls left.
--
Dari sini saya dapati bahwa dia sudah memahami matematik bukan hanya sebagai angka atau bilangan saja, tetapi lebih daripada itu, dia sudah mulai memasukkan logika dan bahasa ke dalamnya. Dua jempol untukmu sayang!!

Saya jadi teringat 2 th yang lalu saat saya mulai mengajarinya tentang logical math seperti di atas dengan contoh yg lebih sederhana tentunya, entah kenapa apa yang saya ajarkan saat itu belum kena ke dirinya, sehingga apa yang pernah saya ajarkan saat itu tenggelam bagaikan ditelan ombak saja hahaha. Jadi, saya suprise sekali mendapati dirinya yang sudah boleh memahami arti dari number sentence di atas. Seperti yang saya katakan di awal mungkin saya memberikan rangsangan di saat yang tidak tepat. ^-^, saya belajar dari kesalahan itu. Belakangan ini saya sering melihatnya membuka kembali buku mapping math yang saya belikan untuknya 2 tahun yang lalu. Hehehe akhirnya ditengok juga.
--
Untuk anakku, my beautiful daughter, belajarlah terus yang rajin ya nak, katanya kamu ingin menjadi seorang guru, mama akan selalu doakan yang terbaik untuk Nanami...


Mama.

1 komentar:

  1. kakak nami mau jadi guru atau diplomat? jadi diplomat aja yah ... biar boleh keliling dunia .. cocok buat nama "nanatsu no umi = tujuh samudera"

    BalasHapus