Sepatah Kata

SEPATAH KATA SEMANIS KURMA...

Seperti halnya kereta dengan gerbong-gerbongnya yang panjang, kehidupanku pun demikian. Diantara gerbong-gerbong hidupku mungkin ada kamu--my beloved family, my dearest friend yang membuat kereta kehidupan-ku menjadi penuh arti dan sesak dengan canda dan tawa. Untuk Cintaku, aku akan selalu menemanimu dan terus mendukungmu sampai kapanpun, sampai bila-bila, dan untuk keluargaku nun jauh di Indonesia (Jakarta dan di Lampung) one day we will meet again I promise, dan untuk sahabat-sahabatku tetaplah jadi temanku yang selalu menemaniku anytime anywhere.

Kereta kehidupan akan bertutur tentang diriku, dan kehidupanku disini, di negara yang masih baru bagiku Malaysia, di sebuah negeri yang terkenal dengan pantai timurnya, dengan hutan tropikalnya yang cantik, serta laut-lautnya yang tetap dibina semula jadi (natural), yah negeri Pahang Darul Makmur dengan bandar (ibukota) Kuantan, bersama suami dan anak-anakku tercinta.

Dan untuk teman-teman dunia mayaku yang baru aku kenal, salam kenal ya... mudah-mudahan kita bisa menjadi teman juga ya... *_^


Daisypath Anniversary tickers

Kamis, 14 Juli 2011

Jadi Diplomat aja ya Nak....

Catatanku.
Aku merasa bersyukur sekali Sulungku Nanami suka bahasa. Aku lihat dia memang memiliki kelebihan itu, kemahirannya dalam berbahasa. Rapor dia kemarin semuanya dapat nilai A ( A gemuk lohhh, wahhh aku pamer nih....maafkan aku Tuhan...) tapi yang bikin aku seneng banget nih nilai bahasa cina, bhs melayu dan inggrisnya selalunya memang nanami deh..., ditambah lagi bhs  melayu dan inggris dapat 100. Alhamdulillah hanya untukMu yang telah memberikan segala kepahaman untuknya. So, mid semester ini dia dapat kedudukan peringkat 2 dari 83 siswa di tingkatan yang sama di sekolah itu. Bahagianya diriku bukan kepalang.
Kemahirannya dalam bahasa memang sudah terlihat sejak kecil, awalnya saya berlangganan buku  bee magazine dalam versi bahasa inggrisnya, kemudian setiap malam, beberapa vocabulary selalunya dibacakan untuknya, ternyata dia cepat sekali mengingatnya. Waktu itu sebenarnya ingin sekali saya memasukkannya ke kelas inggris di umurnya 5 th, tapi karena pasal keuangan akhirnya saya sendirilah yang mengajarkannya, begitupun untuk calistung (membaca menulis dan berhitung) dan kebetulan memang saya dan suami suka membelikannya berbagai buku apakah itu buku dalam bhs indonesia ataupun bahasa inggris. Ternyata, di TK (taman kanak-kanak) di Jakarta, dia selalu dapat nomor 2 untuk bahasa inggris... saya suprised tidak menyangka hal itu. Ternyata kata gurunya waktu itu dia pandai menyusun kalimat, oleh karenanya dia masuk dalam 10 besar murid teladan waktu itu, ini benar2 diluar sangkaan saya, karena pada dasarnya anak perempuan saya satu2nya itu terbilang cuek sekali dan hampir tidak pernah menceritakan kejadian di sekolah jika saya tidak bertanya.
Kemudian, suatu hari saya membawanya ke psikolog anak, niat awalnya ingin mengetahui IQ nya saja, ternyata psikolognya berkata bahwa nanami mempunyai kelebihan dalam hal bahasa, dan oleh karenanya boleh menguasai bahasa lain lagi jika mau. Karena itulah suami saya menginginkan nanami masuk Sekolah Rendah (SD) di sekolah kebangsaan jenis Cina sesampainya kami di Malaysia. Sebenarnya sebagai ibu jujur saya khawatir sekali, khawatir dia tidak dapat mengikutinya, tetapi lagi-lagi seperti biasa suami saya selalu yakin dengan kemampuan anak sulungnya itu. Tahun pertama di sekolah cina nilai2 bahasanya (cina, melayu dan inggris) memang cemerlang (hampir mendekati 100), dan alhamdulillah sekolah yang dimasuki anak saya tidak membedakan apakah itu anak malaysia atau warga asing, sehingga beberapa pertandingan di sekolah selalu dapat kesempatan untuk bertanding. Pertandingan pertama yang diikutinya adalah story telling dalam bhs melayu, pantun dalam bahasa inggris dan menulis kaligrafi cina. Untuk kaligrafi cina dia dapat nomor 1, sedangkan utk pertandingan bhs melayu dan bhs inggris cukup berbangga di posisi ke empat. Kamu harus berusaha lebih baik lagi. Yang terpenting kamu telah belajar satu hal yaitu keberanian.
Sekarang ini dia sudah duduk di darjah 2 (2 SD), beberapa pertandingan  yang telah diikutinya hingga saat ini adalah menulis ayat dalam bhs cina dan matematik. Saya ikut senang manakala dia pulang dengan membawa piala di kedua2 pertandingan itu. Walaupun bukan yang terbaik sih... :) Tidak apa nak, yang terpenting kamu sudah berusaha mama bangga sama kamu.
Yahhh itulah nanami, putri kecilku yang tengah beranjak menjadi gadis kecil yang sudah banyak kemauan seperti ABG hehehe.... Pesen mama untukmu, mama dan papanya ada kalanya tidak bisa memenuhi keinginan kamu yang banyak itu, insyaallah jika ada kesempatan dan rizki, mama dan papa pasti akan usahakan. Alhamdulillah dia cukup paham dengan kondisi orangtuanya. Saya harap pun begitu.

Jika saat ini ditanya ingin menjadi apa? jawabnya Nanami ingin menjadi Guru... tapi Nak, jadi Diplomat aja ya...enak bisa keliling dunia  dan  nanti yang nemenin kakak adalah mama...HAHAHAHA..... :p

----
with love.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar