Sepatah Kata

SEPATAH KATA SEMANIS KURMA...

Seperti halnya kereta dengan gerbong-gerbongnya yang panjang, kehidupanku pun demikian. Diantara gerbong-gerbong hidupku mungkin ada kamu--my beloved family, my dearest friend yang membuat kereta kehidupan-ku menjadi penuh arti dan sesak dengan canda dan tawa. Untuk Cintaku, aku akan selalu menemanimu dan terus mendukungmu sampai kapanpun, sampai bila-bila, dan untuk keluargaku nun jauh di Indonesia (Jakarta dan di Lampung) one day we will meet again I promise, dan untuk sahabat-sahabatku tetaplah jadi temanku yang selalu menemaniku anytime anywhere.

Kereta kehidupan akan bertutur tentang diriku, dan kehidupanku disini, di negara yang masih baru bagiku Malaysia, di sebuah negeri yang terkenal dengan pantai timurnya, dengan hutan tropikalnya yang cantik, serta laut-lautnya yang tetap dibina semula jadi (natural), yah negeri Pahang Darul Makmur dengan bandar (ibukota) Kuantan, bersama suami dan anak-anakku tercinta.

Dan untuk teman-teman dunia mayaku yang baru aku kenal, salam kenal ya... mudah-mudahan kita bisa menjadi teman juga ya... *_^


Daisypath Anniversary tickers

Rabu, 18 Mei 2011

Resep Ayam Panggang Ala Mama Nami

Ayam panggang ini sungguh istimewa karena disajikan pada hari istimewa, yaitu ultahnya suami. Hehehe. Beberapakali buat sptnya ini yang best dari sisi matangnya, empuknya dan warnanya. Oia, sebelum dipanggang, oven jangan tidak dipanaskan terlebih dulu sekitar 10-20 menit, dalam suhu 230 der.Celcius. Atur dengan api atas tanpa kipas. Setelah dipanaskan baru masukkan ayam panggang yang telah diberi bumbunya dan bakar selama 50-55 menit. Badan ayam sebaiknya diiris-iris dengan pisau agar bumbu meresap dan matang sampai ke dalam.

Bumbu: 1 buah onion (bwg bombai, kalau ngga ada yah bwg merah juga ngga pa pa, cuma bwg bombai lebih manis rasanya) boleh diiris saja atau ditumbuk, 1 sdm ketumbar yang sudah disangrai, bwg putih secukupnya ditumbuk, margarin/minyak sayur/butter (butter lebih sedap), satu batang cinnamon yg sudah dihaluskan, sos tiram, dan kecap serta garam secukupnya.
Caranya: Semua bumbu campur jadi satu, aduk rata. Kemudian balurkan ke atas ayam dan kedalam badan ayam. Tambahkan sedikit minyak sayur sedikit saja ke atas badan ayam dan balurkan kembali.Tusukkan ayam ke dalam gagang besi bawaan dari oven.  Siap dipanggang dalam suhu 230 der.Celcius selama 55 menit.

Cuti ke pantai Balok...









Selasa, 17 Mei 2011

Cuti Waisak...

Hari ini anak-anak cuti sekolah. Tanggal merah di kalender nasional Malaysia. Umat hindu di seluruh dunia merayakan hari waisak pada hari ini. Jam sekarang menunjukkan pk. 8.30, kami masih saja bermalas-malasan di ruang keluarga bersama anak-anak. My hubby asyik dengan tontonan olahraganya..Huhhh, ngga bosan-bosan dia nonton acara sport di channel 811 ASTRO. Tanpa permisi dia pindahkan acara yang sedang aku tonton, OPRAH...Haiiissyyy!!!  Sementara Abang Ichiro asyik latihan memukul bola kasti dengan stik pemukul terompet seperti pemain baseball aja hehehe, jagoanku yang satu ini paling suka sport, apapun olahraganya dia pasti suka dan olahraga yang paling disukainya ialah renang, badminton dan sepak bola... Ngomongin sepak bola, adeknya yg bontot jadi ketularan suka nendang-nendang bola, udah banyak kebiasaannya sekarang. Kalau musik dimainkan, badannya langsung bergoyang hehehe ;D Sedangkan putriku satu-satunya itu, Nanami sedang asyik main karet di perkarangan rumah. Kita semua kompakan belum pada mandi hihihi... 
Rencananya hari ini mau ke Pantai Telok Cempedak, hiburan gratis untuk tanggal tua seperti sekarang hahaha...Anak-anak paling suka main pasir, ngga terlalu ramai orang spt pantai di Jakarta, so, masih enak dipandang dan nyaman untuk rekreasi keluarga. 

Wahh si Adul sudah mulai merengek...yo wis... udahan dulu ya...besok2 disambung lagi...

Senin, 16 Mei 2011

My friends who inspiring me...

Saya punya temen-temen yang gila dan super, maksudnya gila dalam berprestasi dan berkreasi, pokoknya TOP BANGED DECHH!!! sebut aja sahabatku eka yunita, dia sahabat deketku ketika SMA duduk satu bangku lagi...sekarang wowowow...bukunya dah GILA banget (baca buanyak banget dechh!!), perjuangannya di bidang patchwork &quilting akhirnya menuaikan hasil sekarang, butuh waktu 10 tahun dia bisa menjadi seperti sekarang... di bidang patchwork siapa yg ngga kenal dia...sosok pribadi yang selalu mau belajar dan berkembang terbukti dalam karya2nya yang selalu inovatif dan kreatif...hmmm contoh good entrepeuner muda yang berbakat.
Terus ada lagi temenku yang namanya andini rizki dia juga gila dengan homeschoolingnya, tulisan2nya dalam blognya yg jujur dan apa adanya membuat saya ngefan dgn tulisannya....Dia juga membuat buku kamus Jepang-Indonesia...(Wow..) tulisan2nya yg selalunya tentang HS dan bahasa itu memberi inspirasi ke banyak orang... she can change the world...
Satu lagi sosok temanku yang seorang dosen sastra di salah satu PTS, Juariah Agus...orang yang begitu semangat dalam belajar, tidak bosan2nya dia belajar...disela kesibukannya dia masih menyempatkan membuat buku spt chicken soup... Kamu Hebat!!!
Masih ada banyak lagi teman2 saya yang super (nyontek bahasanya seorang tokoh hehehe), terkadang kagum juga melihat keberhasilan2 mereka...  mereka itu semua membuat saya semangat dan semangat dalam hidup ini...Walaupun mungkin ada banyak rintangan di hadapan tapi yakinlah kesuksesan pasti bisa dicapai asalkan kita mau bekerja keras dan terus memperbaiki diri...
Saya juga mempunyai cita2 yang sampai detik ini belum terealisasikan dan masih harus selalu diperbaiki yaitu menjadi seorang ibu yang baik untuk anak-anak saya...Saya selalu minta kepada Tuhan agar Tuhan menjadikan saya seorang ibu yang baik bagi ketiga putra putri kami, dan menjadi tauladan bagi mereka....juga menjadi istri yg dpt menyejukkan hati suaminya, serta menjadi majikan yg bijaksana bagi seseorang yg bekerja di rumah kami....amin.

sayang mama...

Ngeri juga liat Adul kalau lagi nangis....wakkk wakkk wakkk....ngegelosor2 kayak anak 5 th pdhal masih 14 bulan hehehe...kayak disiksa aja :( jangan nangis dong sayang...kayaknya anakku yang bontot ini tipenya emosian...duuuh mudah2an ngga...jangan kayak gitu ya nakk nanti taring mama keluar... ^^" mama ngga mau taring mama keluar...cukup kakak dan abang aja...Gubrakkk!!

Jualan cendol? hmm oke juga...

Aku mau jualan cendol dan serabi dgn sos gula dan surabi oncom, ngebayanginnya aja udah bikin liur saya jatuh meleleh...segarnya es cendol Air Putih Kuantan tempat biasa saya n suami nongkrong selepas antar nanami kelas inggris...hmmm sedaappp, saya paling suka es cendol pulut sementara suami saya paling suka cendol campur. Nanti kalau dah pulang ke Ina saya pengen buka kedai cendol n serabi ahhh pokoknya kebersihan dan kehygienisan airnya terjamin...untuk merealisasikan ini saya musti berguru dulu nih kayaknya...dimana yak?? didepan Tunas Manja depan ada pedagang es cendol juga dan sedap juga...mau ngga yah dia ajarin saya....karena kalau cuma liat resep sepertinya kurang sipp....wakakaka.... :D amin amin amin....

Selain cendol n surabi gula, apalagi yah yang ingin saya usahain banget...hmmm saya pengen banget buka kedai es batu tube dengan airnya sistem RO so, beli es batu saya nanti dijamin deh ngga bikin sakit tenggorokan...apalagi yah...saya juga ingin jualan makan beku (frozen food) semisal ayam beku, daging sapi beku, daging kambing beku, sosis, boneless chicken, butter, cheese dll pokoknya yang beku-beku deh...
Aduhhh ngehayalnya ngga tanggung-tanggung deh...kebanyakan tuh...biarin aja namanya juga cita-cita wekkk... :p doakan ya doakan ya....:)

tunggu tanggal mainnya...hahahaha...
-----

Kamis, 05 Mei 2011

Kepuasan pelanggan: Mutu Produk dan Pelayanan

Satu minggu yang lalu, kami sekeluarga makan pizza di restoran favorit kami sekeluarga dekat Kuantan. Anak-anak suka dengan musroom soupnya dan saya pun suka dengan pizzanya dan roti garlicnya. Kami suka datang kesana dan berlama-lama di tempat itu karena pelayannya ramah dan mesra kepada kami. Sebenarnya dari beberapa pelayan yang ada disana, hanya dia seoranglah yang ramah dan mesra kepada pelanggannya, dia mau menyempatkan dirinya berbual dengan para pelanggan yang lain dan menebarkan senyum dan candanya kepada anak-anak.
.
Pada hari ketika kami singgah ke sana, kami melihat sepasang customer dengan satu orang anak meninggalkan tempat itu tanpa makan atau memesan apapun setelah menunggu beberapa lama. Saya dan suami jadi berbisik-bisik mengenai itu. Mungkinkah karena lama menunggu atau kah karena belum dilayani sama sekali oleh pelayan di restoran tersebut? hmm, mungkin salah satu diantaranya adalah jawabannya. Tidak lama, seorang petugas restoran berlari keluar menghampiri pasangan tersebut. Karena kami hanya nampak dari kejauhan, maka kami hanya bisa menduga saja yang saya perkirakan petugas itu sedang meyakinkan pasangan tersebut untuk masuk kembali. Tidak menunggu lama, akhirnya pasangan tersebut masuk kembali dan duduk di tempat dimana mereka duduk pada awalnya. Selang beberapa detik petugas datang ke meja mereka dengan membawa secawan ice cream untuk si kecil.  Ruang yang bisu sebelumnya lumer karena hadirnya secawan ice cream. Nah begitu dong...

Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) itulah kunci utama agar suatu bisnis itu tetap sustain (berlanjut). Dalam hal ini petugas restoran itu memegang kunci utama itu dengan bijak dan melakukan penyelamatan dengan baik. Andaikan saja tidak ada seorangpun petugas yang menghampiri pasangan tersebut, bisa dibayangkan customer itu akan membawa perasaan tidak puas pada diri mereka. Dan perasaan tidak puas itu akan berakhir dengan imej yang negatif terhadap restoran itu secara keseluruhan. Efek dari pelanggan yang tidak puas adalah kemungkinan besar dia tidak akan datang lagi ke restoran itu. Kalau hanya dia seorang saja yang tidak datang mungkin tidak akan bermakna sama sekali bagi citra perusahaan (pencitraan/imej). Tetapi bagaimana jadinya kalau pelanggan yang tidak puas itu bercerita mengenai ketidakpuasannya itu kepada orang ramai entah itu sahabat, teman ataupun keluarga, maka bukan hanya dia seorang saja yang tidak akan datang kembali melainkan kemungkinan juga sahabat, teman ataupun keluarganya tidak akan makan di restoran tersebut. Dan mungkin saja sahabat/teman yang diceritakan itu akan juga menceritakan perihal tersebut kepada orang lain. Lihat.. bagaimana kemungkinan kerugian yang ditimbulkan akan jauh lebih besar lagi. So, memang tepatlah langkah yang diambil petugas restoran itu untuk memotong ketidakpuasan itu sehingga tidak berlanjut.

Saya sendiri pun pernah mengalami peristiwa yang dialami pasangan itu, karena sudah menunggu  terlalu lama sementara pengunjung yang baru datang mendapat perlakuan lebih dahulu akhirnya saya tidak jadi makan di tempat itu, sejak itu saya dan keluarga tidak pernah lagi makan di tempat itu. Sebaliknya saya suka dengan pelayanan di restoran pizza itu, maka itu menjadikan salah satu sisi lain yang membuat kami senang datang ke tempat itu. Memang kita selaku customer akan merasa sebal dan jengkel sekali apabila mendapati pelayanan  yang tidak ramah dan sopan.

Selain faktor pelayanan itu sendiri, yang lebih penting dan sangat penting bagi keberlanjutan suatu usaha adalah mengedepankan faktor kualiti produk. Sebagai contoh di tempat tinggal saya sekarang, ada dua pedagang pisang mentah, katakanlah pedagang 1 dan pedagang 2. Awalnya saya biasa membeli pisang kepada pedagang 1yang membuka kedainya di simpang jalan itu karena kebetulan memang hanya dia seoranglah yang menjual pisang dekat rumah saya pada saat itu, lama-kelamaan saya dapati pisang yang dijualnya semakin hari tak seberapa baik, malah pisang2 yang sudah lama masih di jual dengan harga yang sama. Kemudian datanglah pedagang 2 yang membuka kedai tak jauh dari pedagang 1 itu. Namun yang membedakannya hingga kini pisang-pisangnya selalu nampak segar. Tak pernah saya melihat pedagang 2 menjual pisang-pisang tak segar. Harga yang ditawarkan pun lebih murah. Awalnya pedagang 2 hanya menjual pisang tak seberapa banya, namun melihat semakin ramai yang datang ke kedainya, pedagang 2 itu pun melengkapi dengan berbagai jenis pisang  lainnya dan buah-buahan lain yang cantik-cantik dan segar-segar. Sementara pedagang 1 kini telah beralih menjual jajanan pagi hari seperti kuih-muih dan nasi lemak. Dia masih tetap menjual pisang walau tidak banyak. Dari sini saya bisa lihat pedagang 1 tidak menjaga kualiti pisang yang akan dijual sementara pedagang 2 sangat menjaga itu sehingga ramai pelanggan yang beralih kepada pedagang 2.

So,  memang penting sekali bagi usahawan untuk memperhatikan faktor mutu produk dan pelayanannya, karena kedua faktor ini menurut saya sangat signifikan mempengaruhi kepuasan kita sebagai pelanggan yang akan menentukan keputusan kita di kemudian hari untuk datang kembali atau tidak.. Setuju kan...?
 ----

Selasa, 03 Mei 2011

pening, sakit kepala atau pusing?

Akhirnya petang ini kami bawa Nanami ke klinik langganan kami di batu 5 dekat Sungai Isap. Kebetulan dokter hari ini seorang malaysia keturunan cina. Dokter itu baik, komunikatif dan semangat, itulah yang saya dapat gambarkan ttg sosok dokter tersebut.
Seperti biasa seorang dokter selalunya tanya mengenai keluhan yang dirasakan. Aku sampaikan padanya bahwa dia demam sejak semalam (kemarin red) dan sudah muntah 5 kali dalam satu hari ini, serta dia merasakan pening di kepalanya. Dokter itu pun bertanya:
"Pening ke, sakit kepala atau pusing?
Aku pun langsung berpandang-pandangan dengan suami yang tengah berdiri di sampingku. Dia pun memandangku sambil memasang muka yang sama bingungnya denganku.
"Budak-budak itu biasanya tak paham beza nya antara pening, sakit kepala dan pusing," kata sang dokter.
Dengan ragu-ragu ku menjawab: "Eehh, bukannya sama saja dokter?" pertanyaan yang memperjelas kebodohanku hehehe...
 Kontan sang dokter pun menjawab:
"" Ohh beza..."
"Apa bedanya dokter?" hehehe pasti dokternya terheran-heran atas ketidaktahuanku.
"Kalau pening itu bla bla bla..., sakit kepala itu bla bla bla...dan pusing itu bla bla bla..." kata dokter itu lagi.
"Ohhh begitu..." ternyata yang disebut pening itu seperti kita naik kapal yaitu bergoyang, sedangkan sakit kepala seperti rasa nyut nyut nyut, dan pusing itu yah berputar-putar.
"ooo.."
---
Hehehehe, terimakasih Dokter atas penjelasannya, saya baru tahu ada banyak istilah mengenai pusing, tahunya sih hanya pusing kepala dan pusing kepala sebelah (migrain). So, musti hati-hati nih kalau membuat keluhan seputar sakit kepala yakk!!. :)

Anakku demam

Anakku Demam!!

Hal pertama yang paling mengkhawatirkan para ibu dimanapun berada adalah apabila anak kita demam. Itu juga yang aku rasakan saat ini. Saat kutuliskan ini, dia tengah berbaring lemas tak berdaya, sesekali dia meringis kesakitan dan rasa pening yang menyelimutinya sejak tengah hari kemarin. Sesekali kuraba keningnya dan mengganti kompresnya. Makan siang yang sudah meluncur ke dalam perutnya barusan keluar bersama muntahan-muntahan yang lain. Akhirnya dia terpaksa makan kembali untuk mengembalikan tenaganya saat itu. Muntahan yang ketiga adalah saat saya membawa minyak2an (baby oil+kayu putih+bawang merah) yang diiriskan bawang merah untuk membuang angin yang keluar dari dalam tubuhnya. Aduhh sayang...kenapa kamu nak, belum pernah demam seperti ini sebelumnya. Untunglah mama bawakan jambu air kesukaanmu..pasti kamu tidak akan merasa mual lagi.  Nanti sore kita ke dokter ya...

Kupikir setelah muntah untuk yang ketiga kalinya perasaan pening akan ikut lenyap bersama muntahan itu, tetapi ternyata tidak, dia masih saja meringis kesakitan di sekitar kepala.

Sejak papanya masukkan obat penurun panas dari dubur semalam, panasnya berangsur-angsur berkurang sedikit demi sedikit, dan keesokan paginya yaitu hari ini dia bersikeras ingin sekolah pagi tadi. Walau ada sedikit keraguan, tetapi pada akhirnya kami mengijinkannya juga pergi sekolah hari ini. Dengan janji aku akan mengunjunginya saat jam rehat waktu makan tiba. Kupikir sekotak susu coklat dan roti canai yang masih hangat akan menggoda nafsu makannya saat itu. Hmm, feeling seorang ibu ternyata tepat, saya nampak dia pucat dan lesu saat di kantin sekolah. Dia hanya meringis pening di kepala, roti canai yang kubawakan tak selera dimakannya. Kontan saja aku langsung menghadap cikgu kelasnya, cikgu Wong Ho Ting, meminta ijinnya untuk membawanya pulang. Ternyata cikgu pun nampak juga perangai nanami yang berbeda hari ini. Nasib baik hari ini aku ke sekolahnya tadi...nasib baik juga hari ini suamiku berangkat siang, jadi dia bisa antar saya tadi.  Suamiku adalah  sosok yang sangat-sangat perhatian kepada anak-anaknya, apalagi di kala sakit seperti ini. Dia begitu ambil perhatian, dia adalah orang pertama yang sibuk mengkompres anakku, dan menjaga serta memantau panasnya sepanjang malam. Bersyukur kamu nak punya papa yang  begitu baik, penyayang dan begitu perhatian sama kalian...

So, tengok dia tertidur sesekali, sambil kuberdoa semoga Tuhan menghilangkan sakitmu segera. Mudah-mudahan papa cepat pulang agar kita bisa pergi ke dokter ya Nak...

----
Terbitkan Entri